Breaking News
Home / Sejarah

Sejarah

Prodi kependidikan Islam konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN Raden Fatah Palembang bernaung pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Tumbuh dan berkembangnya program studi Kependidikan Islam (KI-UIN Raden Fatah Palembang) berawal dari keberadaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Fatah Palembang, yang kemudian ditetapkan menjadi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang berdasarkan Kepuusan Presiden No.11 tahun 1997. Pada saat itu program studi KI bertujuan untuk mewujudkan pemikir dalam bidang Pendidikan Islam. Dalam perjalanannya semakin di rasakan kerancuan yang disebabkan oleh ketidakjelasan arah, pengembangan program, dan prospek karir lulusannya. Untuk memperjelas arah dan tujuan dari tamatan program studi Kependidikan Islam maka berdasarkan nomenklatur program studi di Kementrian Agama serta diputuskan dalam rapat senat IAIN Raden Fatah Palembang pada tanggal bulan tahun 2012 diputuskan untuk membuka konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini Islam (IPAUDI). Dalam perkembangannya pada tanggal 21 September 2013 program studi KI berubah menjadi MPI. Seiring alih status IAIN Raden Fatah Palembang menjadi UIN Raden Fatah Palembang pada tanggal 29 Desember 2014, maka pada bulan Mei tahun 2015 ini Prodi MPI berubah nama menjadi Jurusan MPI. Dalam rangka pembinaan, peningkatan dan pengembangan lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan ke depan di butuhkan orang-orang yang ahli dan profesional dalam mengelola dan mengembangkan lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta, baik formal maupun non formal. Untuk mewujudkan hal tersebut program studi Menajemen Pendidikan Islam di pandang kompeten untuk menyahuti dan melahirkan tenaga yang ahli di bidang tersebut.

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang semula bernama Kependidikan Islam (KI) secara resmi dibuka pada tahun 1998. Momen tersebut terjadi satu tahun setelah STAIN Purwokerto resmi menjadi perguruan tinggi yang mandiri. Pembukaan Prodi Kependidikan Islam ini dilandasi adanya kesadaran dari berbagai pihak, baik stakeholder, masyarakat, dan tuntutan dari berkembangnya lembaga pendidikan, serta realitas di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya kualitas manajemen di berbagai lembaga pendidikan Islam terutama madrasah. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam No. E/115/1999 tentang penyelenggaraan Jurusan Tarbiyah Program Studi Kependidikan Islam pada IAIN Raden Fatah Palembang, Prodi KI melengkapi dua Prodi sebelumnya yang telah ada, yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Seiringnya perubahan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, melalui Peraturan Menteri Agama No. 36 Tahun 2009 tentang Pembidangan Ilmu, nama Prodi Kependidikan Islam (KI) diubah menjadi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Untuk Prodi KI Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang, secara resmi berubah menjadi menjadi Prodi MPI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama No. 3566 Tahun 2013 tentang Penyesuaian Nomenklatur Program Studi Sarjana pada Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Sekolah Tahun 2013.

Seiring dengan perubahan status IAIN Raden Fatah Palembang menjadi UIN Raden Fatah Palembang melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 139 Tahun 2014, maka Fakultas Tarbiyah pun kemudian berubah menjadi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Pengembangan kelembagaan pada wilayah sekolah tinggi dan kejurusanan tersebut juga diikuti perubahan pada program studi. Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang semula hanya program studi kemudian berkembang menjadi Jurusan Manajemen Pendidikan (MP) dengan satu program studi yaitu Manajemen Pendidikan Islam (MPI).